Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Xiaomi

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Xiaomi

Xiaomi meskipun mempunyai spesifikasi yang mumpuni, tetap memiliki sejumlah masalah. Salah satunya aplikasi tidak bisa terpasang. Nah untuk memperbaikinya, kamu bisa coba cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di HP Xiaomi dengan metode yang kami sediakan ini.

Xiaomi yang merupakan merk peralatan elektronik dari Tiongkok ini memang cukup populer di Indonesia. Pasalnya harga Xiaomi memang sangat murah untuk ponsel dengan spesifikasi tinggi.

Meskipun sudah cukup terkenal dan kualitas di kelasnya sangat mumpuni, tetap saja Xiaomi memiliki sejumlah masalah.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Xiaomi

Ada alasan mengapa aplikasi bisa tidak terpasang di ponsel Xiaomi. Contohnya memori nggak cukup, error di sistem Android, adanya kesalahan, dan masih banyak lagi. Secara umum memang demikianlah penyebabnya. Nah jika ingin tahu cara mengatasinya, cek sini!

  1. Periksa Memori Internal

Cara pertama sebelum melanjutkan ke cara yang lain, kamu harus memastikan lebih dahulu mengenai memori internal dari ponsel Xiaomi yang tersedia. Pastikan kalau memori yang kamu miliki sudah cukup atas aplikasi yang bakal dipasang.

Cara untuk memeriksa dan cek memori adalah dengan membuka aplikasi File Manager. Dengan hal itu, kamu bisa tahu berapa sisa ruang penyimpanan yang bakal muncul.

Jika memang sudah penuh, langung hapus file dan data yang mungkin sudah tidak penting bagi kamu.

  1. Restart Ponsel

Selain dengan memeriksa memori internal, masih ada lagi loh cara lain yang bisa kamu pertimbangkan. Caranya yakni dengan restart ponsel Xiaominya terlebih dahulu. Silakan lakukan proses reboot atau muat ulang ponsel Xiaomi.

Proses restart, meskipun mudah bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk menyelesaikan masalah sistem dalam ponsel yang sedang kamu gunakan.

  1. Aktifkan Unknown Resource

Aplikasi yang tidak bisa terpasang pada ponsel Xiaomi yang bentuknya Apk, biasanya dapat diatasi dengan nyoba aktifkan fitur sumber yang tidak dikenal. Biasanya juga disebut dengan Unknown Resources.

Nah jika ingin mengaktifkannya, caranya gampang yakni:

  • Silakan buka Setelan atau Pengaturan.
  • Selanjutnya ke opsi ‘Keamanan.
  • Lalu, cari kemudian centang pada pengaturan Unknown Resources.
  1. Aktifkan Perizinan Memori Internal

Cara selanjutnya jika memang yang sebelumnya masih belum work, bisa dengan langsung mengaktifkan perizinan memori internal. Pasalnya, seperti yang telah kamu ketahui kalau kebanyakan ponsel Android ketika mendownload aplikasi, maka nggak bakal bisa masuk ke memori internal.

Jadi, kamu bisa mencoba untuk memeriksa atau mengatur ulang perizinan biar tidak muncul masalah ketika proses pemasangan aplikasi. Kalau sudah cek dan memeriksa izinnya, kamu bisa restart HP Xiaomi yang kamu miliki.

  1. Hapus Cache Play Store

Kemudian ada lagi cara selanjutnya yang bisa kamu coba. Caranya dengan menghapus cache dari Google Play Store. Secara umum cara ini memang ampuh serta teruju ketika pengguna ponsel Xiaomi menginstall aplikasi lewat Play Store. Adapun caranya yakni:

  • Buka Setelan.
  • Tap opsi Aplikasi.
  • Cari kemudian Google Play Store.
  • Lalu masuk pada Penyimpanan.
  • Langkah terakhir bisa langsung hapus cache.
  1. Periksa Versi Aplikasi

Jika memang beberapa cara di atas memang masih belum bisa menyelesaikan masalah utamanya, maka kamu bisa cek versi aplikasi. Siapa tahu versi aplikasi tidak kompatibel dengan OS yang kamu gunakan.

Penutup

Dengan beberapa cara tersebut, kemungkinan besar masalah yang terjadi bisa langsung teratasi dan aplikasi akan langsung terinstal.