Article Title - JustAskBaby

JustAskBaby

Mengenal Sebab dan Cara Menghilangkan Kecanggungan Dalam Berbicara Bahasa Inggris

Sudah paham bahasa inggris, les panjang lebar, tapi masih tetap canggung saat berbicara? Masalah itu bukan hal yang baru lagi. Perihal bicara dan ngobrol dalam bahasa inggris lancar bukan masalah skill saja. Namun juga ada kaitan dengan rasa percaya diri dan rasa takut. Lantas bisakah Anda melawannya? Coba cek cara menghilangkan kecanggungan dalam berbicara bahasa inggris berikut.

Apa Yang Membuat Anda Canggung Atau Cemas?

Sebenarnya apa yang membuat banyak pelajar takut untuk berbicara bahasa inggris? Padahal jika melihat nilai dan kemampuan komprehensif atau pemahamannya sudah cukup baik. Namun soal berbicara atau speaking justru minder. Ternyata, masalah yang paling sering muncul adalah rasa takut saat berbicara dengan bahasa inggris. Sebagai warga Indonesia yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa asing, maka pelajaran, pemaparan, dan penerapan bahasa inggris itu masih terbatas. Alhasil, dari terbatasnya praktek dan penerapan bahasa pun meningkatkan rasa takut yang tinggi. Rasa takut ini bisa mencakup kesalahan grammar, pengucapan, hingga salah paham. Bahasa inggris juga kerap dianggap sebagai bahasa asing yang canggih dan berkelas. Alhasil, tidak sedikit yang memandang tinggi para penutur asing bahkan pengajar dan pelajar bahasa inggris. Sayangnya, ekspektasi yang terlalu tinggi ini justru membuat hati penutur atau pelajar menciut. Sebut saja, mereka takut membuat salah dan dilihat sok sok an. Kendati demikian, kesalahan, rasa takut, dan ekspektasi tersebut memang tidak bisa dihindarkan. Sayangnya, jika diteruskan dan tidak diperbaiki justru akan menurunkan kemampuan otak untuk berpikir dan melakukan tugasnya. Alhasil, rasa canggung pun membuat kemampuan bicara semakin berkurang dan melakukan kesalahan yang berlanjut. Selain itu, rasa takut untuk dinilai oleh orang juga muncul pada para pelajar. Dianggap tidak becus, sok, salah, bahkan kurang pintar, dan dibanding bandingkan pun akan membuat proses berbicara semakin berkurang. Yang perlu dipahami, semua orang bisa salah. Bahkan penutur asli pun juga bisa melakukan kesalahan saat berbicara.

Cara Melawan Rasa Cemas Dan Canggung

  1. Kenali Apa Sumber Masalahnya
Jika ingin melawan masalah atau situasi tertentu, maka pahami dulu masalahnya. Apakah Anda merasa takut dinilai orang? Takut salah berbicara, ngomong, atau menggunakan grammar yang kurang tepat? Setiap orang pasti memiliki masalah yang berbeda, sehingga cara melawannya pun akan berbeda pula. Bisa jadi sumber rasa canggung itu karena rasa malu. Bagaimana jika masalahnya berkaitan dengan kepribadian? Apakah Anda orang yang terlalu diam sampai tidak bisa berbicara atau bercakap? Sebenarnya, sumber masalah tersebut memiliki cara penanggulangan yang berbeda. Sebut saja jika Anda merasa masalah utamanya adalah berkaitan dengan teknis. Pengucapan kurang baik, grammar masih amburadul, dan kosa kata masih terbatas. Jika demikian, praktek akan membantu Anda memberi proses belajar dan mengasah kemampuan bicara. Jika malu atau takut disalahpahami? Coba pahami diri terlebih dahulu. Mulai dari hal yang kecil dan terus tingkatkan rasa percaya diri. Everything take times!
  1. Terus Berlatih
Berlatih! Belajar! Riset! Dan terus coba! Sebagai warga Indonesia yang memang tidak menggunakan bahasa inggris, maka akan banyak sekali materi yang perlu diserap secara konsisten. Bisa jadi waktu penyerapan materi pun akan berbeda satu sama lain. Karena itu cara menghilangkan kecanggungan dalam berbicara bahasa Inggris yang manjur adalah berlatih terus. Terus berlatih akan membantu Anda mengasah ilmu bahasa inggris, grammar, dan pengucapan. Jika perlu Anda bisa ikut les atau tempat bimbingan belajar agar mendapat pendidikan yang sesuai kebutuhan. Salah satunya adalah tempat kursus Inggrism, yang siap menyediakan tempat belajar dan situasi tekanan rendah untuk terus belajar.
  1. Hilangkan Rasa Sungkan
Dari berlatih, mulai terapkan mindset untuk menghilangkan rasa sungkan dan takut dikomentari. Anggap saja seperti dalam proses belajar, yang mana guru akan menilai hasil pelajaran di kelas. Di dalam dunia sosial, rasa sungkan muncul karena takut salah dan takut dinilai orang. Akhirnya lebih memilih diam. Padahal bisa jadi komentar yang diberikan adalah masukan yang baik. Telaah terlebih dahulu komentar pedas yang diberikan. Terkadang juga harus menjaga emosi karena tidak tentu apa yang dirasakan buruk sebenarnya bermaksud buruk pula. Begitu juga dengan rasa kurang percaya diri karena merasa orang lebih baik. Coba saja terlebih dahulu agar tahu seberapa baik proses belajarmu.
  1. Berbicara Secara Perlahan
Jika memang belum yakin atau takut salah, maka berbicaralah secara perlahan. Di awal percakapan, cara menghilangkan kecanggungan dalam berbicara bahasa Inggri ini sangat dianjurkan untuk pelajar atau non-native speaker atau bukan penutur asli. Jika Anda berbicara perlahan, anda memiliki lebih banyak waktu untuk memperbaiki ucapan. Hal ini juga berlaku sebaliknya. Jika lawan bicara berbicara terlalu cepat, minta saja untuk berbicara lebih pelan. Biasanya, mereka akan paham dengan maksud Anda. Menariknya, jika Anda mulai berbicara lebih lambat namun jelas. Maka hal yang sama juga akan berlaku pada lawan bicara.
  1. Mulai Berbicara Dari Grup Kecil
Berbicara secara langsung di dalam grup yang besar atau dengan lawan bicara yang banyak biasanya membuat hati menciut. Padahal, prosesnya sama. Namun tekanan batin untuk berbicara dan mendengar di depan publik bisa membuat masalah canggung semakin parah. Karena itu, coba atau awali dengan berbicara empat mata atau dalam grup kecil. Cari partner yang baik untuk memulai latihan di grup kecil, seperti seorang guru atau teman sejawat. Dengan berbicara empat mata, Anda dapat konsentrasi lebih baik mengenai cara bicara, pengucapan, hingga informasi yang disampaikan oleh mereka. Begitu pula dengan Anda sendiri. Berbicara berdua juga cenderung diikuti ritme yang lambat, sehingga terasa lebih mudah dipahami.
  1. Ulang Topik Yang Anda Kuasai
Salah satu cara untuk menghilangkan rasa takut untuk berbicara adalah memahami topik. Jika Anda paham dengan apa yang disampaikan atau topik yang dibahas, maka akan lebih mudah untuk memiliki pembicaraan yang natural. Kurang lebih Anda tahu kemana arah dan juga apa yang harus disampaikan. Tinggal mencari kata atau pengucapan yang tepat. Tidak hanya mengenai topik, namun juga kosa kata atau kata yang digunakan sehari hari. Jangan terlalu memaksakan diri untuk menggunakan kosa kata yang terlalu berat atau unik. Gunakan saja apa yang biasanya digunakan untuk percakapan sehari hari. Tidak perlu malu jika dinilai bahasanya dangkal, karena Anda masih belajar. Sedikit demi sedikit, tambahkan kosa kata baru. Jika Anda paham atau memiliki suatu topik yang dimengerti, maka kosa kata dan percakapan pun akan lebih mudah diserap. Tujuan dari Cara menghilangkan kecanggungan dalam berbicara bahasa Inggris ini adalah memahami penggunaan, pengucapan, dan mengembangkan kosa kata secara perlahan.
  1. Terima Kesulitan Dan Kesalahan
No. one is perfect. Terutama jika Anda adalah pelajar atau sedang belajar bahasa inggris. Belajar bahasa baru dengan tata bicara, kosa kata sampai cara pengucapan yang berbeda tidaklah mudah. Tak heran jika kesulitan dan kesalahan bisa saja terjadi. Tidak hanya untuk Anda dan warga Indonesia, para penutur asli pun bisa saja berbuat salah. Di sinilah saatnya untuk menerima kesulitan dan kesalahan yang kerap terjadi. Sebut saja salah eja dan salah pengucapan (pronunciation). Bahasa inggris itu ada banyak (US, UK, AU, bahkan Singaporean English). Dari pengucapan saja sudah unik. Jadi jangan takut untuk salah atau jika ada mengomentari perkataan yang Anda sampaikan. Anggap komentar adalah sebuah masukan yang baik. Jangan terlalu takut dan merasa inferior, karena belum tentu mereka adalah orang yang lebih baik dalam percakapan. Agar bisa melakukan analisa performa dan juga memperbaiki diri, coba rekam diri sendiri saat berbicara. Kenali dan pahami apa yang kurang dan bagaimana Anda akan memperbaikinya.
  1. Beri Apresiasi Pada Orang Agar Anda Pun Mendapat Apresiasi Yang Sama
Terkadang apa yang dilakukan oleh diri sendiri tidak begitu tampak, tapi yang dilakukan tampak layaknya aib yang begitu besar. Dalam hal ini, yang sering terlewat adalah komentar dan apresiasi. Jika Anda tidak ingin diberi komentar yang buruk dan menyakiti, terkadang Anda harus berpikir kembali apa yang sudah Anda lakukan. Berikan apresiasi  kepada orang lain, sehingga mereka pun akan mengapresiasi apa yang Anda berikan. Konsep percakapan adalah saling bertukar pikiran, terutama jika Anda ingin mengasah kemampuan untuk berbicara di depan publik. Jangan langsung marah jika diberi komentar. Begitu juga sebaliknya, jangan terlalu kaku pada pencapaian orang lain.
  1. Jujur Jika Tidak Paham
Sekali lagi, belajar memang butuh waktu yang tidak sedikit. Terkadang rasa canggung, takut, ragu pun akan membuat kemampuan otak berkurang. Alhasil, Anda kesulitan untuk menyampaikan informasi atau menerima informasi. Lantas apa yang perlu dilakukan? Jangan takut untuk bertanya atau berkata jujur jika tidak paham. Ingat, bahwa Anda bukan kamus yang paham banyak sekali kosa kata. Bisa saja Anda ingin menyampaikan sesuatu tapi tidak tahu bahasa inggrisnya. Maka sampaikan saja secara langsung. Jika memungkinkan, Anda juga bisa meminta bantuan. Seperti tanya pada teman atau buka kamus online jika merasa kesulitan. Pastinya lawan bicara akan memahami situasinya.
  1. Buat Suasana Yang Nyaman Dan Hadiahi Diri
Dengan tuntutan yang cukup tinggi, tidak heran jika Anda akan merasa semakin kesulitan untuk berbicara. Apapun kondisinya, cara yang paling tepat adalah terus belajar dengan cara Anda sendiri. Buat suasana yang nyaman untuk belajar. Bisa apa saja, termasuk les atau kursus bahasa inggris di Inggrism. Mencoba percakapan online atau video call, masuk grup pelajar, dan lain lain. Anda juga bisa belajar dari sekitar, seperti tempat kerja atau lingkungan sekolah dan pergaulan. Bisa juga dibantu dengan penentuan goal atau tujuan, seperti berbicara lancar dengan si A yang seorang bule. Jika berhasil, beri apresiasi diri seperti hadiah atau self reward. Dengan cara menghilangkan kecanggungan dalam berbicara bahasa Inggris ini Anda pun akan lebih semangat! Pada dasarnya, rasa canggung memang tidak lepas dari kemampuan dan diri sendiri. Tidak ada yang sempurna dalam satu waktu saja. Semua butuh proses. Bagi non-native speaker rasa canggung akan sering muncul karena rasa cemas salah dan kurangnya rasa percaya diri. Namun semuanya bisa dilawan dengan latihan dan menerima kekurangan untuk meningkatkan kemampuan.