Categories
Umum

KFTD Terapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dalam Menangkal Praktik Korupsi

Pada 15 Juli 2022 lalu, telah digelar event penyerahan sertifikat ISO 9001:2015  secara resmi dari PT Tuv Nord Indonesia kepada PT Kimia Farma Trading & Distribution (KFTD). Acara ini bersifat hybrid, yakni secara daring via Zoom Meeting, dan secara luring dilaksanakan di Kantor Pusat KFTD, Jl. Budi Utomo No. 1, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat 10710.

Apa itu ISO 37001:2016?

ISO 9001:2015  ialah standar internasional untuk Quality Management System (Sistem Manajemen Mutu). Standar tersebut dirilis oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (International Organization for Standardization atau disingkat menjadi “ISO”). Tujuannya untuk memberikan panduan dalam mendirikan, menerapkan, dan memelihara sistem manajemen mutu dalam suatu organisasi/perusahaan.

Standar ISO 9001:2015  memberikan kerangka kerja komprehensif untuk organisasi dalam mewujudkan proses-proses berkualitas, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mencapai tujuan bisnis. 

Salah satu prinsip utama yang diatur dalam ISO 9001:2015  berkaitan erat dengan pencegahan kasus korupsi dan penyuapan yang berpotensi terjadi di lingkungan perusahaan, tak terkecuali di KFTD. Prinsip tersebut adalah pendekatan berbasis risiko di mana organisasi/perusahaan diharapkan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola risiko yang terkait dengan operasional mereka.

Sistem Manajemen Mutu dengan ISO 9001:2015  dalam Menangkal Praktik Korupsi 

Berikut adalah mekanisme ISO 9001:2015 untuk perusahaan:

Peningkatan Transparansi

ISO 9001:2015 mendorong organisasi untuk memiliki prosedur dokumentasi yang jelas dan terstruktur. Dengan demikian, proses bisnis di KFTD menjadi lebih terbuka dan mudah dipantau oleh pihak terkait. Transparansi ini dapat membantu dalam mencegah praktik korupsi karena tindakan yang tidak etis akan lebih mudah terdeteksi.

Peningkatan Akuntabilitas

Standar ISO 9001:2015 menekankan pentingnya tanggung jawab dan akuntabilitas dalam semua tingkatan organisasi. Dengan mengharuskan setiap karyawan memahami peran dan tanggung jawab mereka, serta melacak pelaksanaan proses secara teratur, ISO 37001:2016 membantu memperkuat budaya akuntabilitas. Hal ini dapat mencegah praktik korupsi karena setiap tindakan tidak sesuai akan mudah dipertanggungjawabkan.

Peningkatan Efisiensi Operasional

Implementasi ISO 9001:2015 mendorong KFTD untuk melakukan evaluasi dan perbaikan berkelanjutan terhadap proses bisnis mereka. Dengan memastikan bahwa proses-proses tersebut berjalan dengan efisien dan efektif, dapat mengurangi peluang terjadinya praktik korupsi yang mungkin timbul akibat kelambanan atau kekurangan dalam proses operasional.

Peningkatan Kepuasan Pelanggan

ISO 9001:2015 fokus pada kepuasan pelanggan sehingga dapat dibangun hubungan “simbiosis mutualisme” yang kuat antara perusahaan dan pelanggan. Hal ini dapat mengurangi peluang terjadinya praktik korupsi karena adanya tekanan dari pelanggan untuk mendapatkan layanan serta produk yang memuaskan.

Demikian mengenai penerapan sertifikat ISO 9001:2015 di KFTD. Ketahui lebih lanjut mengenai tata kelola perusahaan di sini.